Getting Time...
OKEFOOD | Konsultasi Okefood

Ini Dia Bahan Alami Pengempuk Daging Kambing

Lydia Rosalia - Okezone
Rabu, 26 September 2012 17:58 wib
detail berita
(Foto: wisatakuliner)
HALLO, apa kabar, Chef? Saya Ismi (35 tahun). Sebentar lagi umat Muslim merayakan Idul Adha, tapi saya belum mahir mengolah daging kambing. Tahun lalu, saya sedikit merusak kenikmatan makan bersama saat Hari Kurban karena sate kambing yang saya masak alot sekali.

Bagaimana ya, Chef, solusi tepat agar sajian kambing yang saya buat nanti bisa empuk? Terima kasih sebelumnya.

Ismi-Karawang

Jawab:

Gunakan daun pepaya dan nanas sebagai bahan untuk mengempukkan daging kambing. Umumnya, bahan pengempuk digunakan untuk daging yang akan diproses langsung, misalnya ditumis untuk menu tongseng kambing ataupun sate.

Pertama, dengan menggunakan daun pepaya segar. Tutup daging kambing dengan daun pepaya dan simpan selama semalam di dalam kulkas. Atau, Anda bisa meremas-remas dengan daun pepaya, jangan sampai terpotong kecil dan berbaur dengan daging. Bisa juga diiris kecil-kecil kemudian diperas dan diambil sarinya, kemudian gunakan untuk merendam daging.

Berikutnya buah nanas, jangan terlalu muda dan terlalu matang. Nanas dihaluskan dengan blender, atau potong-potong dan ambil sarinya. Kemudian, gunakan jus atau sari tersebut untuk merendam daging kambing. Enzim dari kedua buah tersebut akan melunakkan daging kambing secara alami.

Atau, cobalah alternatif lain yang biasa digunakan oleh orang Timur Tengah. Yoghurt plain dicampur ke daging kambing, kemudian dibiarkan semalam agar enzim pelunak yoghurt bekerja. Daging kambing pun lunak dan mudah dimasak.

Chef Deden Gumilar
Pakar Kuliner Tradisional
(ftr)
Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

Berita Terkait : Daging

Facebook Comment List

 
 
BACA JUGA »

Lifestyle

Ingin Kenikmatan Seks? Coba Bertengkar di Ranjang!

Pria sangat suka bereksperimen soal seks. Sayangnya, wanita masih suka malu-malu untuk mengungkapkan hasrat bercinta kepada pasangan.

Celebrity

Dul Tak Tinggal Bareng Dhani Lagi Bukan karena Dipaksa Maia
Kabar mengenai Dul sudah tinggal bersama ibunda tercintanya, Maia Estianty tampaknya sudah bukan rahasia lagi. Guru spiritual sekaligus sahabat Maia, Umi Nung, membenarkan kabar tersebut. Dul sendiri yang memilih untuk tinggal bersama Maia.

Travel

Bandaranya Terburuk di Dunia, Presiden Filipina Minta Maaf
Presiden Filipina Benigno Aquino meminta maaf kepada penumpang yang tiba di Bandara Manila menyoal pendingin udara yang tak dapat berfungsi dengan baik. Akibatnya, bandara ini kemudian masuk daftar bandara terburuk versi situs perjalanan online.